Selasa, 20 November 2018

#BPN30DayBlogChallenge : #1 Kenapa Menulis Blog?




Beberapa orang mungkin mengajukan pertanyaan yang sama dengan judul diatas saat saya mencoba membagikan link tulisan blog ke grup grup obrolan pada sosial media. 
Tentang blog , awal mulanya yang saya tau bahwa blog bisa menjadi media untuk saya menulis sebagai pengganti diari yang mengungkap segala perasaan yang tak bisa diutarakan secara lisan. Maka menulis adalah penggantinya. Berbicara tanpa perlu mengeluarkan suara. Namun kini diera digital, blog dijadikan sebagai wadah mencari penghasilan untuk beberapa orang. Iya... Beberapa orang memang menjadikannya sebagai profesi. Sebut saja Beauty Blogger, soalnya nieche yang satu ini memang paling banyak peminatnya. 

Berikut Alasan dan Manfaat yang saya dapatkan dengan menulis di blog :

1. Bercerita tanpa harus berbicara

hahaha, maksudnya yaaa begitu. Saya bisa berbagi pengalaman tanpa perlu bertatap muka langsung ataukah berbicara langsung. kenapa harus seperti itu, ul? ya, karena saya anaknya suka malu lebih tepatnya mau ikut gabung dengan obrolan beberapa orang tapi tidak tau memulai. Meski saya tau apa yang mereka bicarakan. Kadang merasa awkward saja untuk mengeluarkan suara.

Dengan bercerita melalui tulisan membuat saya merasa lebih aman, tanpa perlu merasa canggung, malu atau takut obrolan tidak akan nyambung. Karena kadang saya tidak peduli orang akan membaca atau tidak apa yang saya tuliskan, wkwk. Kalau ada yang baca dan tanggapi yaa Alhamdulillah.. kalau tidak juga , ndapapa ji. Setidaknya membuat saya lebih nyaman karena telah mengungkapkan perasaan.

2. Memperluas pertemanan


Blog mempertemukan saya dengan orang orang hebat yang ternyata ada disekitar saya. Mereka saling berbagi pengetahuan tentang profesi masing masing melalui blog yang dimiliki. Bahkan saling berbagi ilmu tentang blog itu sendiri. Dan ini saya dapatkan sejak bergabung dalam beberapa komunitas blogger.

oiya, Bergabung ke komunitas blogger tidak memandang apakah kamu blogger pemula ataukah blogger professional. Yang penting punya blog saja sudah bisa bergabung. Bahkan beberapa blogger "senior"pun tidak segan untuk membantu para blogger pemula untuk mengembangkan blog nya. Karena blog, bukan cuma tentang tulisan kita yang dibaca. Tapi, semenarik apa tempat menulis kita yang membuat orang nyaman untuk tetap membacanya.

Komunitas Blogger pertama saya tempati untuk bergabung adalah KEB atau Komunitas Emak Blogger. Waktu itu, ketika lagi rempong-rempongnya baru punya anak di usia 21. saya mencoba menulis tentang perasaan saya mengurus bayi di blog, stelah beberapa lama hibernate. dan menemukan di KEB itu ada banyak perempuan perempuan yang merasakan hal yang sama. Para ibu, yang berbagi pengalamannya mengurus anak. dan segala hal tentang keluarga.  Saya merasa tidak sendirian dong. Seiring berjalannya waktu saya pun gabung dibeberapa komunitas blogger online. dan juga blogger Makassar.

Kelas MAM tantang SEO

3. Jejak Kenangan

"Bahasa lisan mungkin memang akan terus diingat. Tapi, Bahasa tulisan itu abadi karena ia terekam dari kata kata yang tertulis secara nyata"
Yups ! apa yang kita ucapkan memang bisa terus diingat. Tapi itu hanya akan tersimpan dalam ingatan saja. Hanya terekam entah berapa lama. Namun, Jika kita menulis.. ia akan abadi. tergantung ke awetan media penulisanmu. 

Dan Menulis di Blog akan membuat setiap kenangan yang pernah ditulis tetap tersimpan selamanya. Entah itu kenangan sakit hati ataukah kenangan yang menyenangkan. Setidaknya saat saya tua atau tak lagi ada, anak cucu ku bisa membaca apa yang pernah saya tuliskan. Mereka bisa memutar ulang memori kenangan di otak dan hatinya saat membaca tulisan. Mengenang bagaimana saya dulu melalui kehidupan.

4. Bisa hadir di event-event keren

salah satu event blogger meet up

Bahagiaku sederhana, bisa hadir di event-event keren dan dapat benefit pula. mulai dari Goodybag, hampers, fee dsb. dan itu karena diundang sebagai blogger, gaes. Feedback nya yaa tentu saja dengan membuat dokumentasi tulisan di blog. sesederhana itu. memang menyenangkan mendapat keuntungan dari Hobby. Walau kadang kadang bingung juga mau menulis apa di blog ? bagaimana penyampaiannya ? atau yang paling sering menghantui adalah rasa malas. Padahal deadline nya sudah besok.. wkwk. Tapi, tanggung jawab harus tetap di tunaikan setelah menghadiri event. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar