Kamis, 19 Maret 2015

Penentu jenis kelamin anak itu siapa??

Seringkali.. Kita mendengar permasalahan suami-istri, tentang keinginan memiliki anak perempuan ataupun anak laki-laki. Namun di hari kemudian anak yang lahir bukanlah dari yang diharapkan. Disini terkadang seorang suami menyalahkan istri yg melahirkan jenis kelamin anak yang lahir buakn jenis kelamin anak yang diharapkan.. Walaupun mungkin pada dasarnya anak laki-laki maupun anak perempuan itu punya keistimewaanya masing-masing. Tapi di sisi lain sang istri tidak perlu dipersalahkan untuk urusan ini.. Karena istri bertugas menopang sel telur tersebut yang telah di buahi sel sprema selam 9 bulan 10 hari dan penentu jenis kelamin anak itu dari sang suami.. 
Nah, kok bisa... Berikut sy paparkan penjelasannya..

Diketahui jumlah kromosom pada manusia yaitu 46. Atau kata lain terdpaat 23 pasang. Kromosom inilah yang berfungsi  sebagai kode genetik dalam pewarisan sifat..
Kromosom perempuan itu sendiri di lambangkan dgn XX dan laki-laki XY . Penamaan kromosom tersbut dikarenakan dri bentuknya.. Sedang kromosom X bersifat feminine dan kromosm Y bersifat maskulin.. 
Untuk menentukan jenis kelamin anak itu ditentukan oleh kromosom dari bapak. Karena suatu keturunan hanya memperoleh salah satu kromosom dari kedua orang tuanya..
Jadi, kita ketahui 🚺 XX = artinya kromosom yg di turunkan yaitu X atau X sama saja, sedangkan pada 🚹, XY = artinya kromosm yang diturunkan yaitu kromosm X atau Y. Jadi jika kromosom ibu X bertemu dgn kromosom bapak yang X maka akan menghasilkan calon keturunan berjenis kelamin perempuan (xx). Namun jika kromosom ibu X bertemu dgn kromosom bpk yg Y maka keturunannya laki-laki (xy).

Dan ternyata, hal ini sudah terpampang jelas dan nyata dalam Al-qur'an jauh hari sebelum ilmu genetika dan biologi molekuler di temukan..
Mari simak surah An-Najm [53] ayat 45-46:  "Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani, apabila dipancarkan." 

Nah, disitukan sudah jelas.. Dari air mani apabila dipancarkan..
Air mani kan dihasilkan dari tubuh seorang bapak ya.. 
Jadi, tak perlu menyalahkan anak laki-laki ataupun perempuan.. Semua merupakan anugrah Allah yang luar biasa indah.. Amanah kita sebagai orangtua untuk menjaga..

Sampai jumpa di kelas biologi selanjtnya... 

1 komentar:

  1. Waaah.. Keren Mak, bikin penasaran ih. Ditunggu lho posting lanjutannya.. :D

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini