Selasa, 24 Februari 2015

[review] supernova : gelombang

Supernova part 5 ; Gelombang.
Tadinya ku pikir part 5 ini sequel supernova yang terakhir, namun ternyata ibu suri masih ingin membuat para pemuja supernova tak berhenti untuk menjadi hambanya. Well, alfa yang seorang insomniac ngga bisa tidur hingga 20 tahun, how it could be??
Hanya karena takut pada si jaga portibi??. Hmm, i get that's why , ibu suri memberi nama tokoh utama dari gelombang dengan sebutan alfa.
Karena terdapat beberapa gelombang yang bekerja pada otak, salah satunya alfa. Dan fungsi gelombang alfa pada otak ini, yang mengatur alam sadar dan bawah sadar seseorang. Bagian yang mengatur mimpi yang terputar pada otak saat tidur. Hal ini lah yang memnjadi poin sains yang dibuat oleh teteh Dee.
Meski nilai sains nya ngga begitu nyentrik kayak di KPBJ, yang membuat kita mempelajari kuantum fisika yang tidak kita pelajari di sekolah. Apalgi kalau kamu anak IPS !!. Poin sains lainnya, Seorang dee seperti memberi penjelasan pada kita tentang lucid dream, yang kebanyakan orang di daerahku berpendapat bahwa ketika lucid dream ini terjadi kita sedang "ketindisan" oleh makhluk halus.

Sosok Alfa yang seorang batak, dengan segala kelebihan-kelebihannya dibuat Dee seolah-olah memang mempunyai pink fairy nya pinnochio. Yang dari seorang biasa lalu merantau ke jakarta kuliah di UI kemudian ke Amerika sebagai seorang imigran gelap. Tapi, bagaimana bisa bu suri, seorang imigran gelap bisa lulus beasiswa di universitas ternama yang membutuh kan identitas yang lengkap? Pencarian jati diri Alfa terasa begitu di paksakan. Rasanya aku tak bisa mengenali sosok alfa lebih jauh. Alfa tercipta begitu sempurna. Alfa yang cakep, Alfa yang pintar, Apfa yang pandai bermain gitar. Tiba tiba saja, seakan sosok Alfa ini seperti diciptakan oelh seorang Andrea Hirata, yang berawal dari orang miskin pedalaman kemudian sukses di jakarta dan melanjutkan studi ke negri paman sam.


1 lagi yang tidak aku mengerti, hubungan Akfa dan Nicky bukanlah seperti hubungan antara dokter dan pasien yang sewajarnya. Kenapa nicky harus mara pada Alfa saat Alfa tak mengabarinya. Mengapa nicky harus tau segala hal tentang alfa?? Mengapa nicky begitu sibuk "membuntuti" alfa?? Apakah nicky tak mempunyai pasien lain  selain Alfa ini??

Namun dari sekian banyak kejanggalan yang tercipta pada episode gelombang ini, ibu suri selalu memberikan suguhan cerita yang begitu kental nilai spiritualnya, seperti ajaran katoliknya elektra pada petir, seperti keyakinan bhodi pada nilai buddhisme dan  keimanan islam oleh zarah di partikel. Serta Alfa penganut agama asli batak. Dee seperti memberikan pesan tersirat bahwa setiap pencarian jati diri, bertujuan mengenali siapa pencipta kita.
Seperti dalam hadist nabi
Man arofah nafsahu, arofaa rabbahu.. Siapa yang mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini